RSS

>Ciri-ciri dari orang yang memiliki keikhlasan diantaranya

20 Sep

>

*1. Hidupnya jarang sekali merasa kecewa,*

Orang yang ikhlas dia tidak akan pernah berubah sikapnya seandainya disaatdia berbuat sesuatu kebaikan ada yang memujinya, atau tidak ada yangmemuji/menilainya bahkan dicacipun hatinya tetap tenang, karena ia yakinbahwa amalnya bukanlah untuk mendapatkan penilaian sesama yang selaluberubah tetapi dia bulatkan seutuhnya hanya ingin mendapatkan penilaian yangsempurna dari Allah SWT.

*2.Tidak tergantung / berharap pada makhluk*

Sayyidina Ali pun pernah berkata, orang yang ikhlas itu jangankan untukmendapatkan pujian, diberikan ucapan terima kasih pun dia sama sekali tidakakan pernah mengharapkannya, karena setiap kita beramal hakikatnya kita itusedang berinteraksi dengan Allah, oleh karenanya harapan yang ada akansenantiasa tertuju kepada keridhaan Allah semata.

*3.Tidak pernah membedakan antara amal besar dan amal kecil*

Diriwayatkan bahwa Imam Ghazali pernah bermimpi, dan dalam mimpinya beliaumendapatkan kabar bahwa amalan yang besar yang pernah beliau lakukandiantaranya adalah disaat beliau melihat ada seekor lalat yang masuk kedalamtempat tintanya, lalu beliau angkat lalat tersebut dengan hati-hati laludibersihkannya dan sampai akhirnya lalat itupun bisa kembali terbang dengansehat. Maka sekecil apapun sebuah amal apabila kita kerjakan dengan sempurnadan benar-benar tiada harapan yang muncul pada selain Allah, maka akanmenjadi amal yang sangat besar dihadapan Allah SWT.

*4. Banyak Amal Kebaikan Yang Rahasia*

Mungkin ketika kita mengaji dilingkungan orang banyak maka kita akan mengajidengan enaknya, lama dan penuh khidmat, ketika kita shalat berjamaah apalagisebagai imam kita akan berusaha khusyu dan lama, tapi apakah hal tersebutakan kita lakukan dengan kadar yang sama disaat kita beramal sendirian ?apabila amal kita tetap sama bahkan cenderung lebih baik, lebih lama, lebihenak dan lebih khusyuk maka itu bisa diharapkan sebagai amalan yang ikhlas.Namun bila yang terjadi sebaliknya, ada kemungkinan amal kita belumlahikhlas.

*5. Tidak membedakan antara bendera, golongan, ras, atau organisasi*

Fitrah manusia adalah ingin mendapatkan pengakuan dan penilaian darikeberadaannya dan segala aktivitasnya, namun pengakuan dan penilaianmakhluk, baik perorangan, organisasi atau instansi tempat kerja itu relatifdan akan senantiasa berubah, banyak orang yang pernah dianggap sebagaipahlawan namun seiring waktu berjalan adakalanya berubah menjadi sosokpenjahat yang patut diwaspadai. Maka tiada penilaian dan pengakuan yangpaling baik dan yang harus senantiasa kita usahakan adalah penilaian danpengakuan dari Allah SWT.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 20, 2010 in Hikmah

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: