RSS

>Teknik Mencairkan Perselisihan Dengan Cepat

27 Sep

>

mencegah perselisihanPerselisihan dalam suatu kelompok seringkali kita dapati dalam lingkungan tempat tinggal kita.Perselisihan dapat terjadi di lingkungan keluarga dan masyarakat.Adakalanya dalam menyelesaikan perselisihan itu kita dihadapkan pada kepribadian yang berbeda dan saling berbenturan antara orang yang sedang berselisih. Lantas bagaimana kita menghadapi orang-orang seperti ini?

Menurut David J.Lieberman,Ph,D, ada tiga aturan yang perlu diperhatikan yaitu:

  1. Aturlah agar dua pihak yang berlawanan duduk bersebelahan, bukan berhadapan.Ketika kita saling berhadapan secara fisik,sikap kita semakin kian berkubu karena kita mulai mengembangkan mentalistas” kami dan mereka “.Duduk bersebelahan dapat menciptakan suasana persatuan dan kerjasama yang lebih kondusif
  2. Hubungan dan kedekatan:Upayakan agar kedua pihak terus berdekatan dan saling berhubungan satu sama lain.Seperti yang di tunjukkan oleh berbagai penelitian yang dikutip, kedekatan meningkatkan rasa suka.Tingkat kedekatan tertentu sangat dibutuhkan dalam menciptakan kerja sama yang optimal.Tetapi, jagalah agar yang satu tidak mengungguli yang lain.
  3. Sentuhan:Jangan pernah meremehkan pengaruh sentuhan manusia.Jika memungkinkan, cobalah menciptakan situasi di mana para anggota bisa saling berjabat tangan atau saling berkontak fisik.Sentuhan sangat meningkatkan keakraban.Kita merasa lebih dekat secara psikologis dengan orang-orang yang kita sentuh secara fisik.

Dengan demikian kita dapat mencairkan perselisihan dengan cepat sehingga kedamaian, persatuan, dan kerjasama dapat tercipta.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 27, 2010 in Tips

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: