RSS

>Merawat Saluran Usus, Jauh dari Penyakit !

05 Okt

>

 – Seiring dengan meningkatnya taraf hidup manusia, dalam bidang kedokteran, menemukan sejumlah fakta seperti berikut :

1. Di China, kesehatan saluran usus secara umum memburuk, rasio kematian karena kanker usus menduduki peringkat ke-3, usia timbulnya penyakit terkait menurun dari tahun ke tahun.
2. Tingkat kematian ada 16.6%, rasio berobat ke rumah sakit 14,4%, dan sebanyak 15.4 % pembayaran asuransi kesehatan berhubungan dengan penyakit pada saluran usus. (statistik 2003)
3. Penyakit kanker, jantung, darah tinggi, arteriosclerosis (pengerasan pembuluh nadi), diabetes, demensia usia lanjut dan penyakit akut pada orang dewasa lainnya, juga erat hubungannya dengan kesehatan saluran usus.
4. Penuaan dimulai dari saluran usus, mudarat pada penuaan saluran usus kelompok muda, akan tampak ketika memasuki usia parobaya.
5.Perhatian negara maju terhadap masalah kesehatan saluran usus, sejak 1999 Inggris, menggalakkan gerakan pekan sehat saluran usus. Sejak 2000 Amerika Serikat, menggalakkan gerakan Bulan Pengetahuan Kanker Usus Nasional.
Kesehatan saluran usus dapat ditingkatkan secara inisiatif dengan keaktifan individu.
Secara aktif mensosialisasikan kesadaran akan kesehatan saluran usus, bisa secara efektif akan membantu banyak orang, mencegah terserang penyakit kanker usus. Hal hal yang perlu dilakukan antara lain

A.Perbanyak minum air
Minimal 1.6-1.8 liter air setiap harinya, kira-kira 8 gelas. Jangan tunggu dahaga baru minum, ketika otak besar Anda merasa haus, itu sebenarnya kekentalan cairan darah sudah terlalu tinggi, peredaran darah tidak lancar, efisiensi pengangkutan oksigen dan nutrient menurun, dan itu sudah dapat mempengaruhi fungsi sel di sekujur tubuh, sebaiknya minum air secara rutin.

B. Perbanyak serap lactobacillus
Hal–hal pokok yang perlu diperhatikan dalam menyerap lactobacillus:
1. Serap setiap hari : sebab asam laktat yang bagaimanapun bagusnya tidak akan lama menetap dalam saluran usus, karena itu harus dicukupi setiap hari.
2. Serap seusai makan : sebab seusai makan, tingkat ke-asaman di bagian lambung agak rendah, lactobacillus bisa lebih aktif menuju ke saluran usus melalui lambung.
3. Hati-hati memilih produk
Pilih produk yang terdaftar dari Depkes dan yang telah di uji tim riset terkait.
4. Perhatikan syarat dan ketentuan simpanan :
Bacillus lacto tidak tahan panas, tidak tahan zat asam. Susu beragi harus di simpan pada suhu rendah, setelah tutup botol di buka, segera habiskan, jangan setelah dibuka setengah lalu taruh di atas meja, minum sampai habis dari pagi sampai malam, suhu penyimpanan untuk produk kesehatan juga perlu diperhatikan, jangan simpan di lingkungan bersuhu panas dalam jangka lama (misalnya di dalam mobil).

C. Perbanyak menyerap serat
Minimal serap di atas 30 gr makanan berserat setiap hari!
Untuk mengonsumsi makanan berserat secara tepat, perhatikan beberapa hal berikut:
1. Serap dalam 3 kali makan setiap hari
2. Konsumsi selalu produk kesehatan berserat tinggi
3. Khasiat serat yang larut dan non larutan tidak sama, jadi keduanya perlu di konsumsi.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 5, 2010 in Kesehatan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: