RSS

>Rahasia indah seumur hidup

05 Jan

>


Sesuatu bernilai rahasia bila hal tersebut tidak diketahui oleh orang banyak, atau hanya diketahui oleh kalangan terbatas. Setiap orang termasuk Anda pasti memiliki rahasia dalam hidup. Ada kenikmatan tersendiri saat menyimpan rahasia dan tidak ada yang mengetahui selain diri kita sendiri. Kadang kala sesuatu yang rahasia identik dengan aib, dan keburukan yang tidak ingin diketahui. Sebenarnya kita juga bisa membuat Rahasia Indah Seumur Hidup….

Apa itu rahasia indah seumur hidup?
Rahasia Indah Seumur Hidup adalah amalan-amalan rahasia dari seseorang sesuai yang diajarkan Rasulullah, yang dikerjakan SECARA rahasia.
Mengapa harus rahasia?
“Rahasia” ini hanya berlaku bagi manusia saja, sedangkan bagi Allah tidak ada yang tersembunyi. Bahkan Allah mengetahui apa yang tersembunyi dalam hati. Sesuatu yang tersembunyi lebih bernilai, lebih bermakna, dan lebih nikmat.

Dari Sa’ad bin Abu Waqqash ra., ia berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah mencintai hambaNya yang takwa, kaya, lagipula suka merahasiakannya” (HR Muslim, Terjemah Riyadhus Shalihin hal 564)

Apa saja yang bisa dijadikan amal rahasia?
Banyak sekali amal yang bisa dijadikan amal rahasia.

Misalnya bersedekah. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda, “Allah SWT menciptakan bumi, maka bumi pun bergetar. Lalu Allah pun menciptakan gunung dengan kekuatan yang telah diberikan kepadanya, ternyata bumi pun terdiam. Para malaikat terheran-heran akan penciptaan gunung tersebut. Kemudian mereka bertanya, ‘Ya Rabbi, adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat dari pada gunung?’. Allah menjawab, ‘ Ada , yaitu besi’. Para malaikat pun kembali bertanya, ‘Ya Rabbi adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat dari besi?’. Allah menjawab, ‘ Ada , yaitu api’. Bertanya kembali para malaikat, ‘Ya Rabbi adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat dari api?’. Allah menjawab, ‘ Ada , yaitu air’. ‘Ya Rabbi adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat dari air?’ tanya para malaikat. Allah pun menjawab, ‘ Ada , yaitu angin’. Akhirnya para malaikat bertanya lagi, ‘Ya Allah adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih dari semua itu?’. Allah yang Mahakaya menjawab, ‘ Ada , yaitu amal anak Adam yang mengeluarkan sedekah dengan tangan kanannya sementara tangan kirinya tidak mengetahuinya’ . Subhanallah….

Amal rahasia tidak harus selalu berkaitan dengan harta dalam jumlah besar. Hal-hal kecil tapi bernilai kebaikan juga bisa kita jadikan amal rahasia.

Misalnya kita selalu merapikan sandal/ sepatu di mushola/masjid, Mengambil duri di jalan, Membereskan ruang kelas/ rumah yang berantakan. Salah seorang bertutur kepada saya bahwa sedekahnya saat mahasiswa hanya menambahkan pembayaran kendaraan umumnya 500 perak setiap hari. Mudah dan murah kan? Ada juga yang selalu memberikan tempat duduknya di kendaraan umum sebagai pilihan amal rahasianya. Menyalakan lampu untuk penerangan di jalanan depan rumah kita untuk memudahkan orang yang lewat juga bisa menjadi pilihan. Selain itu, kita juga bisa selalu memudahkan urusan orang lain, membukakan pintu, selalu meminjamkan pulpen saat dibutuhkan, dan hal-hal kecil lainnya.
Pada suatu kajian ilmu, dikisahkan tentang seorang nenek yang selalu membersihkan daun-daun berguguran di halaman masjid. Pada suatu hari sang nenek tersedu-sedu mengetahui halaman masjid telah bersih sebelum dia membersihkan daun-daun itu. Akhirnya ditanya oleh seseorang tentang alasannya menangis. Orang itu pun berjanji tidak akan menceritakan rahasia sang nenek sampai dia wafat. Setelah sang nenek wafat, barulah orang tersebut mengisahkan bahwa di setiap daun yang dia pungut, sang nenek bersalawat kepada Rasulullah. Subhanallah
Doa. Berdoa dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dalam Islam, tersedia doa untuk memulai setiap aktivitas dan mengakhiri kegiatan. Bahkan saat ke toilet pun ada doa khusus yang dicontohkan Rasulullah sebelum masuk dan sesudah keluarnya. Kita bisa mendoakan hal-hal yang baik untuk orang lain. Allah mengabulkan doa seseorang untuk saudaranya sementara saudaranya itu tidak mengetahui bila dia didoakan. Doa ini bisa kita jadikan hadiah terindah untuk orang-orang yang kita sayangi karena Allah. Jangan lupa doakan semua orang yang berjasa untuk kita, terutama ibu dan ayah kita, guru-guru kita, teman-teman kita, khadimat atau pembantu kita dan lain-lain.

Sabar dan Tawakal. Bersabar dan tawakal adalah amalan dasyat yang memang tak bisa terlihat oleh manusia. Sabar itu dengan bersabar-sabar dan tanpa ujung kecuali kematian. Tawakal pekerjaan hati, dengan berputus asa pada manusia dan hanya tidak putus asa pada rahmat Allah atas usaha kita.
Apakah Amal rahasia berarti tidak boleh terlihat orang sama sekali?
Utamanya tersembunyi akan lebih nikmat bila hanya Allah dan diri kita yang tahu. Tapi sebenarnya amal tersembunyi ini akan tetap dapat bernilai rahasia meski dilihat orang lain.
Bagaimana caranya beramal rahasia tetapi dilihat orang?

Rahasiakanlah hal yang utama dari suatu amal, yaitu NIAT. Contohnya, untuk orang yang selalu berusaha bersilaturahmi atau memuliakan tamu. Bagi yang melihat atau Anda sebagai tamunya, mungkin hanya melihat ini sebagai sesuatu yang wajar bila empunya rumah menjamu kita dengan sangat baik dan istimewa. Namun kita tidak tahu bila kepada setiap tamunya dia perlakukan dengan sangat istimewa juga.
Apakah kita tahu bila sahabat yang rajin membersihkan kamar mandi itu menangis di dalamnya? Dia menangis menyesali dosanya setiap membersihkan toilet. Tempat yang dianggap paling hina itu bersih bila disikat dan dibersihkan dengan sabun. Namun dia merasa tidak tahu sekotor apakah hati yang selama ini dianggap bersih.

Seorang yang rajin mempromosikan buku-bukunya untuk dipinjam, boleh jadi dia berniat berbagi ilmu namun tidak berani mengutarakannya.
Berolah raga juga bisa bernilai ibadah bila diniatkan memperkuat tubuh untuk menyempurnakan amal lainnya. Bukankah Allah lebih menyukai hambaNya yang kuat dibanding yang lemah?
Apa yang harus dilakukan bila kita sudah menetapkan sesuatu amal sebagai Rahasia Terindah itu?
Tiada yang harus dilakukan selain istiqomah menjalankannya secara kontinue dengan hati ikhlas karena Allah. Ajak dan ajarkanlah saudara dan sahabat kita juga untuk melakukannya.
Bolehkah kita memiliki Rahasia ini lebih dari satu?
Milikilah sebanyak-banyaknya amal sebagai Rahasia Terindah Seumur Hidup
Bagaimana bila akhirnya Rahasia itu terbongkar atau diketahui orang lain?
Rasul beramal untuk dicontoh oleh kita, dan banyak pula dikisahkan para salafushalih memiliki amal-amal rahasia yang kemudian dibukakan oleh Allah untuk dijadikan hikmah. Contohnya ketika Rasul berkumpul dengan para sahabat, kemudian beliau memberitahukan bahwa seseorang yang akan lewat adalah penghuni surga. Ketika diselidiki oleh seorang sahabat, ternyata amalnya biasa saja, standar, dan tidak ada yang istimewa. Namun setelah ditanyakan kepada yang bersangkutan, ternyata sebelum tidur dia selalu mengikhlaskan hari yang telah berlalu, memaafkan saudaranya dan menjaga hati dari dengki. Hal yang mungkin kita anggap sepele ini ternyata menjadikan seseorang dijanjikan surga oleh Allah. Kisah ini diceritakan kepada kita untuk dicontoh, meskipun sang empunya awalnya menyembunyikannya. Allah berhak membuka dan menyembunyikan apa yang dikehendakinya. Jadi… Teruslah lakukan meski diketahui orang dengan hati yang lebih dan lebih bersih lagi.

Warning!!
Sebagaimana rahasia lainnya, Rahasia Indah Seumur Hidup ini pun punya bahaya laten yang sangat perlu diperhatikan agar terjaga Keindahannya.
Jangan sampai tangan kiri kita tahu rahasia ini!!

Tangan kiri yang dimaksud di sini adalah ujub, dan takabur. Kedua hal tersebut terjadi di hati sehingga tidak mudah diketahui orang lain. Demi keindahan rahasia ini, jaga baik-baik niat ikhlas kita melakukan amal-amal tersebut hanya mencari keridhoan Allah. Sesungguhnya hati itu mudah terbolak-balik, maka mohonlah kepada Allah untuk menjagakan lurusnya hati kita.
Jangan pernah merasa cukup dengan amal kita. Berbuat dan lupakan, berbuat dan lupakan, berbuat lagi dan segera lupakan. Sedangkan dalam dosa, bila kita terlanjur khilaf, jangan anggap sepele, tinggalkan dan segeralah bertaubat.
Tetaplah tawadhu dan rendah hati pada orang lain. Jangan pernah menilai orang hanya dari fisiknya, karena bisa jadi dia yang kita anggap rendah memiliki amal rahasia yang lebih ikhlas, dan lebih indah di hadapan Allah. Dikisahkan dari seorang pembimbing haji yang menegur nenek dan kakek dari desa yang terlihat lugu, karena mereka tak kunjung memegang Al Quran untuk bertilawah. Setelah ditegur, mereka justru memberi tahu bahwa mereka ini memang sedang bertilawah, namun tidak terlihat memegang mushaf karena merka hafidz…Subhanallah..

Ya Allah, jagalah hati kami dan rahasia indah kami sebagai bekal perjumpaan denganMu..
wa kafaa billahi syahiida, cukuplah Allah sebagai saksi

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 5, 2011 in Amar ma'ruf, Rahasia

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: