RSS

>MENYANTUNI ANAK YATIM, Cara Ampuh & Mujarab Melunakan Hati Sekeras Batu..

14 Jan

>


Saudaraku…, jika mengeluhkan hati yang keras, maka menyantuni anak yatim merupakan sarana yang bisa merubah kerasnya hati menjadi lunak. Ia adalah obat yang diwasiatkan oleh Rasulullah sebagaimana yang ungkapkan Abu Darda ra.. Ada seorang laki-laki yang datang kepada Rasulullah seraya mengeluh atas kekerasan hatinya. Rasulullah bertanya kepadanya, apakah engkau ingin hatimu menjadi lunak dan segala kebutuhanmu terpenuhi? Kasihilah anak yatim, usaplah mukanya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi. [HR Thabrani, Targhib, Al Albaniy : 254]

Saudaraku…, ingatlah bahwa mengasihi anak yatim merupakan sarana yang dapat menjadikan hati ini menjadi lunak & segala kebutuhan terpenuhi. Sebab, orang yang mengasihi anak yatim, ia memposisikan dirinya sebagai ayah. Seorang ayah, secara naluriah memiliki karakter sayang dan mengasihi anak-anaknya. Adapun orang yang mengasihi anak yatim memiliki satu sifat lain, yaitu mengasihi anak yang bukan anak kandungnya. Barang siapa keadaannya seperti itu maka dihatinya terhimpun sarana-sarana yang bisa melembutkan hatinya, sekalipun sebelumya merupakan hati yang keras. Tidak diragukan lagi ini merupakan obat yang mujarab. Anda tidak akan pernah mendapati orang yang menyantuni anak yatim, kecuali pasti memiliki hati yang pengasih. Kebalikannya, anda tidak akan menjumpai seorangpun yang tidak mengasihi anak yatim, kecuali ia memiliki hati yang keras dan berakhlak buruk. Manfaat lain dalam menyayangi anak yatim juga dapat kita lihat dari sabda rasulullah yang beliau sampaikan kepada seorang yang bertanya kepada beliau: Bahwa meyantuni anak yatim merupakan sarana terpenuhinya kebutuhan dan terwujudnya apa yang dicari.

Sesungguhnya, orang yang berbuat kebaikan kepada anak orang lain adalah orang yang telah memasukkan rasa gembira dihati mereka. Tidak diragukan lagi, Allah pasti tidak akan menyia-nyiakannya, karena allah maha pengasih dan mencintai semua orang yang memilih rasa kasih dalam hatinya. Rasulullah bersabda : Orang yang memiliki rasa kasih, ia akan dikasihi oleh dzat yang maha pengasih. Kasihilah orang-orang yang ada di muka bumi, niscanya mereka yang ada dilangit akan mengasihi kalian.†[HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan lain-lain. As Silsilatu Shohihah : 925]. Saudaraku, kasihilah anak yatim, niscaya Allah akan memperbaiki urusan dunia dan akhiratmu. Bagaimana Cara Berbuat Baik Kepada Anak Yatim…?? Berbuat baik dan mengasihi pada anak yatim dapat kita lakukan dengan ragam dan beraneka cara, di antaranya : ….
1. Memberinya makan dan pakaian, serta menanggung kebutuhan pokoknya.
2. Mengusap kepalanya serta menunjukkan kasih sayang kepadanya. Hal ini akan berpengaruh besar terhadap psikologis anak yatim. Setiap kali Ibnu Umar r.a melihat anak yatim, beliau selalu mengusap kepalanya dan menyodorkan sesuatu kepadanya.
3. Membiayai sekolahnya, dengan menanggung beban biaya yang ia butuhkan selama masa pendidikan.
4. Mendidiknya dengan penuh keikhlasan.
5. Jika ia melakukan perbuatan yang mengharuskan diberi hukuman, maka bersikaplah lemah-lembut dalam mendidiknya.
6. Bertaqwa kepada Allah SWT dalam mengelola harta anak yatim, jika anak yatim itu mempunyai harta kekayaan. Jangan sampai hartanya di habiskan karena menginginkan agar anak yatim itu kelak tidak meminta hartanya kembali. Sebaliknya, hartanya harus di jaga, sehinga ketika ia telah dewasa, harta tersebut dikembalikan kepadanya.
7. Mengembangkan harta anak yatim dan bersikap ikhlas saat mengelolahnya.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 14, 2011 in Amar ma'ruf

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: