RSS

>Tiga Golongan menghadapi sekaratul maut

21 Jan

>Ada tiga golongan ,manusia dalam menjalani sekaratulmaut.
pertama,golongan Muqarrabin,yakni orang yang dekat dengan Tuhan ketika berada didunia.
kedua,Ash-habul Yamin (golongan kanan),bagian dari Muqarrobin.
Ketiga,golongan yang menentang kebenaran Tuhan dan sistem hidup yang datang dari-Nya. Mereka tersesat dari jalan yang benar.

ketiga golongan ini dijelaskan Allah SWT dalam firman-Nya:
Adapun jika dia (orang yang mati) termasuk orang yang didekatkan (kepada Allah),maka dia memperoleh ketentraman dan rezeki serta surga kenikmatan.Dan adapun jika dia termasuk golongan kanan,maka keselamatan bagimu karena kamu dari golongan kanan,dan adapun jika dia trmasuk golongan orang yang menolak (kebenaran Tuhan dan apa saja yang datang dari-Nya) lagi sesat, maka dia mendapat hidangan air yang mendidih,dan dibakar di dalam neraka. Sesungguhnya (yang disebutkan ini)adalah suatu keyakinan yang benar.Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama TuhanmuYang Maha Besar (Q.S. Al Waqi’ah,56:88-96)

Ibnu Katsir,seorang ahli tafsir terkemuka,menjabarkan ayat-ayat diatas dengan penjelasan yang sangat indah dan menarik.
“Inilah tiga suasana yang dialami oleh manusia ketika sakratulmaut. Ada kalanya ia termasuk kaum ‘Muqarrobin’atau termasuk golongan yang dibawah mereka,yaitu yang termasuk golongan kanan,dan ada yang termasuk orang-orang yang mendustakan kebenaran yang sesat dari petunjuk dan tidak tahu- menahu Tentang perintah Allah.
Itulah sebabnya Allah SWT.berfirman,”Adapun jika dia termasuk orang yang didekatkan kepada Allah.”
Mereka adalah orang-orang yang setia mengerjakan hal-hal yang diwajibkan dan disunahkan. Meniggalkan hal-hal yang diharamkan dan dimakruhkan serta sebagian dari yang diperbolehkan.
“Maka dia memperoleh ketentraman dan rezeki serta surga kenikmatan.”
Para malaikat akan menyampaikan berita gembira itu ketika sekaratul maut tiba, sebagaimana yang diterangkan dalam Hadits Al Barra’.
“para malaikat rahmat akan mengatakan,”hai roh yang baik dalam jasad yang baik,kamu telah memakmurkannya,keluarlah menuju ketentraman,rezeki,dan Tuhan yang tidak murka.’
Roh dan Raihan dalam ayat ini berarti rahmat,rezeki,kegembiraan,dan kesenangan.”Dan surga kenikmatan.”
diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Imam syafii’ dari Imam malik dari Zuhri dari Abdurrahman bin Ka’ab bin Malik dari ka’ab bahwa Rasul saw. bersabda ,” Ruh seorang mu’min itu berupa (bagaikan) burung yang bergelantungan pada pohon surga seebelum Allah mengembalikan ruh itu kejasadnya ketika membangkitkannya kembali.” (pada hari kiamat nanti)
sanad hadits ini hebat dan matanya lurus.


Abul Aliah mengatakan, “Tidak dipisahkan nyawa seorang muqarrobin sebelum dihadirkan kepadanya satu dahan kenikmatan surga, lalu rohnya itu disimpan  disana.”

Subhanallah, Beginilah wajah orang yang mati syahid…tidak keliatan seperti mati, ya Allah anugrahkan lah kami mati syahid di jalan Mu


Didalam sebuah hadits sahih dikemukakan bahwa Rasulullah saw . bersabda, “Roh-roh para syuhada  (orang-orang yang mati sedang berjihad mengegakkan agama Allah)
itu dalam perut-perut burung hijau yang berterbangan ditaman-taman surga kemana saja mereka kehendaki,kemudian bermalam dipelita-pelita yang bergelantungan pada Arasy.
Allah SWT berfirman, Dan adapun jika dia termasuk golongan kanan.
yaitu,jika orang yang sedang mengalami sekatratul maut itu termasuk golongan kanan,Maka keselamatan bagimu,karena kamu termasuk golongan kanan .”
Yaitu,para malaikat akan menyampaikan kanbar gembira itu kepada mereka .hal ini sebagaimana firman-Nya,”sesungguhnya orang-orang yang mengatakan,’Tuhan kami adalah Allah.’
kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka,maka malaikat akan turun kepada mereka.”janganlah kamu mearasa takut dan jangan bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu. Kamilah pelindung-pelindungmu didalam kehidupan dunia  dan akhirat;dan didalamnya kamu memperoleh pula apa yang kamu minta. Sebagai hidangan dari Tuhan Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(Fushshilat 42,30-32)
Imam Bukhari mengatakan,’Maka salam sejahtera bagimu karena kamu golongan kanan. Allah SWT berfirman,”Dan,adapun jika dia termasuk golongan orang yang mendustakan lagi sesat,maka dia akan mendapatkan hidangan air mendidih,dan dibakar didalam neraka.”
Yaitu,bila orang yang tengah mengalami sekaratulmaut itu termasuk golongan yang mendustakan kebenaran dan sesat dari jalan petunjuk,”maka dia mendapatkan hidangan dari air yang mendidih.”Yaitu cairan yang akan melelehkan isi perut dan kulit-kulit mereka.dan dibakar didalam neraka,”yaitu dia akan ditempatkan didalam neraka yang akan menyelimuti dari semua arah.

Kemudian Allah berfirman,”Sesungguhnya ini adalah suatu keyakinan yang benar,”yang tidak diragukan lagi.Tidak ada seorangpun yang dapat menghindarinya. Dan dia adalah berita yang menyaksikan. “Maka bertasbihlah denga nama Tuhanmu Yang Maha Besar.”

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 21, 2011 in Amar ma'ruf

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: