RSS

>Mengucapkan Salam

24 Jan

>

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Bismillaahirrohmaanirrohiim

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman:
“Apabila orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami itu datang kepadamu, maka ucapkanlah “Salaamun ‘alaikum”. Tuhanmu telah menetapkan atas diri Nya kasih sayang, yaitu bahwasanya barangsiapa
yang berbuat kejahatan di antara kamu lantaran kejahilan, kemudian ia bertaubat setelah mengerjakannya dan mengadakan perbaikan, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (Q.S. Al-An’am: 54)
Dan demikianlah Kami terangkan ayat-ayat (Al Qur’an), (supaya jelas jalan orang-orang yang saleh) dan supaya jelas (pula) jalan orang-orang yang berdosa.” (Q.S. Al-‘An’am: 55)


Akhi dan ukhti yang dirahmati ALLAH SWT.
Allah telah memerintahkan kepada kita untuk saling mengucapkan salam ketika saling bertemu dengan sesama orang Muslim/Mu’min, dan contoh ucapan salamnya pun sudah jelas, yaitu: “Salaamun ‘alaikum”. dan yang sering digunakan dalam masyarakat adalah Assalamu’alaikum Warohmatulloohi Wabarokaatuh.  Sesuai dengan perintah mengucapkan salam seperti ayat diatas, dalam perkembangannya salam tidak hanya diucapkan tapi juga ditulis, realisasinya bisa dalam bentuk surat, SMS, Chating, dll.

Sahabat,
Dalam kesempatan kali ini ana hanya bermaksud mengingatkan, hendaklah kita semua benar dalam menulis salam. mungkin maksud kita ingin menyingkat salam yang kita tuliskan kedalam “SMS”, “CHAT”, “Status” atau “Comment” dengan menggunakan 3 huruf yaitu “Ass” walaupun kita tidak tahu benar atau tidak menyingkat kalimat salam tersebut. yang sangat disayangkan banyak sekali orang yang asal menyingkat kalimat salam, yang pasti banyak alasan yang yang mereka lontarkan dari mulut mereka. Tahukah sahabat, arti dari kata “Ass” itu apa???
Astaghfirulloh… Dalam kamus inggris-Indonesia “Ass” itu artinya adalah keledai, orang bodoh, atau
pantat. Masa kita memulai CHAT, SMS dengan menghina orang dengan kata yang tidak patut dikatakan oleh seorang muslim kepada seorang muslim yang lainnya. Astaghfirulloh. JIKA tidak percaya, maka COBA lihat Kamus… atau jika sedang OL maka coba cari artinya di kamus online.
 

Sahabat, 
Jangan sesekali asal menyingkat salam. Mengucapkan atau menulis salam itu adalah kebaikan dan mendapat pahala, jika diucapkan atau ditulis secara sempurna baik dengan tulisan arab atau tulisan latin seperti “Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh”. tapi jika diucapkan dan ditulis dengan asal disingkat maka akan tidak memiliki arti bahkan memiliki arti yang berbeda dan jauh dari maksud sebenarnya mengucapkan dan menulis salam yaitu sebagai do’a. jadi alangkah baiknya jika kita tidak menggunakan singkatan untuk mengucapkan dan menulis salam, gunakanlah salam yang lengkap..
Apalagi seperti kata “Askum”, “Likum”, “Lam Lekum”, “AWW”, “W3”, dan sebagainya. APA COBA ARTINYA????
 

Sahabat,
Semoga ALLAH Subhanahu Wata’ala melindungi kita dari Syetan yang terkutuk, dari perbuatan orang2 yang zholim.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Semoga Barokah dan bermanfaat.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 24, 2011 in Da'wah

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: