RSS

>SEHINGGA MENJADI ORANG YANG PALING BERBAHAGIA

31 Jan

>

·     keimanan menghapuskan keresahan dan melenyapkan kegundahan, keimanan adalah kesenangan yang di buru oleh orang-orang yang bertauhid dan hiburan bagi orang-orang ahli ibadah .

·     yang telah berlalu dan yang telah pergi telah mati, jangan dipikirkan yang telah berlalu, karena telah pergi dan selesai

·     terimalah qodho’ yang telah pasti dan rizki yang telah dibagi itu dengan hati terbuka segala sesuatu itu ada ukurannya,

·     ketahuilah bahwasanya dengan mengingat Allah hati akan menjadi tentram, dosa akan diabaikan, Allah akan menajdi ridha, dan tekanan hidup akan terasa ringan.

·     jangan menanti ucapan terima kasih dari sesama , cukuplah pahala dari dzat yang bergantung kepadaNya segal sesuatu, tak ada yang harus anda lakukan terhadap orang yang membangkang, mendengki , dan iri.

·     ketika waktu pagi jangan menunggu sampai sore, hiduplah dalam batasan hari ini, kerahkan seluruh semangat yang ada untuk menjadi lebih baik dari hari ini.

·     biarkan masa depan itu hingga dia datang sendiri, dan jangan terlalu berkepentingan dengan hari esok, karena jika anda melakukan terbaik di hari ini  maka hari esok juga akan baik.

·     bersihakn jiwa dari dengki, dan jernihkan dari iri, keluarkan penyakit permusuhan dan percekcokan yang ada dalam jiwa.

·     hindarilah sesama manusia kecuali untuk perbuatan baik, jadilah orang yang senantiasa berada didalam rumahnya, hadapilah hal-hal yang ada kepentingannya dengan diri anda, dan kurangilah berbaur dengan banyak orang ( yang tidak membawa manfaat ) .

·     buku adalah teman yang paling baik, bercakap-cakaplah dengan buku, bersahabatlah dengan ilmu, dan bertemanlah dengan pengetahuan.

·     semesta ini dibangun diatas sebuah keteraturan, karena itu, pakaian, rumah, meja, dan kewajiban, anda harus dikerjakan dengan rapi.

·     keluarah ketempat yang lapang, lihatlah kebun nan indah, dan sibaklah ciptaan dan kreasi sang pencipta

     Perbaruilah hidup anda, jadikan hidup anda lebih berfariasi, dan ubahlah rutinitas hidup anda.

·     Jauhilah dan kurangi makanan-makanan perangsang misalnya, kopi dan teh, dan hati-hatilah terhadap rokok, syisya, dan yang lain semisalnya.

·     Perhatikan kebersihan pakaian anda, dan perhatikan bau badan, perhatikan penampilan luar, jangan lupa mengosok gigi dan memakia parfum .

·     Jangan membaca sebagian buku-buk yang memanjakan pesisime dan rasa putus asa dan penyesalan.

·     Ingatlah bahwa Rabb itu sangat luas ampunanNya, maha menerima taubat, mengampuni hamba-hambaNya dan mengantikan keburukan dengan kebaikan.

·     Bersyukurlah kepada Rabb atas anugerah nikmat agama, akal , kesehatan, penutup ( aib & badan ) , pendengaran, penglihatan, rizkeki , anak keturuan , serta nikmat-nikmat yang lainya.

·     Tidak kah anda perhatikan bahwasanya diantara manusia itu ada yang hilang akalnya, atau terampas kesehatanya, di penjara, dilumpuhkan, atau di timpa bencana.

·     Hiduplah bersama Al  Qur’an baik dengan cara menghapal, membaca, mendengarkannya, atau merenungkannya, sebab  itu merupakan obat yang mujarab untuk mengusir kesedihan dan mendung kedukaan .

·     Bertawakalah kepada Allah dan serahkan semua perkara, kepadaNya, Terimalah semua ketentuanNya dengan sepenuh hati berlindunglah kepadaNya dan bergantung kepadaNya

·     Maafkanlah orang yang pernah berbuat dhalim kepada Anda, sambunglah tali silatur rahmi dengan orang yang memutuskan tali silturrahmi dengan anda, berilah orang yang tidak pernah memberi kepada anda, bersabarlah terhadap orang yang berbuat jahat kepada anda, niscaya anda akan memperoleh rasa bahagia dan ama dalam diri anda.

·     ucapkan berulang-ulang :” laa huala walaa quwwata illa billah “karena bacaan itu akan membuat hati  menjadi tentaram, dan keadaan akan menjadi baik, dan meringakan yang berat, dan membuat Yang Maha Tinggi  menajdi ridha.

·     perbanyaklaah membaca Istighfar sebab dengan istighfar akan membuka rizki, akan ada jalan keluar, akan ada keluarga, akan ada ilmu yang berguna, akan ada kemudahan, dan akan sebagai penghapus dosa.

·     terimalah bentuk wajah ( body ) kamu , bakat, pemasukan, dan keluarga dengan lapang dada, niscaya anda akan mendapatkan ketentraman dan kebahagiaan .

·     Ketahuilah bahwasanya setelah  kesulitan itu akan ada kemudahan, dan setelah kesusahan itu akan ada jalan keluarnya, dan ketahuilah bahwasanya keadaan seseorang itu tidak akan tetap selamanya , hari-hari itu akan senantiasa bergulir .

·     Optimislah , jangan pernah ada rasa putus asa dan menyerah tanpa ada usaha, berbaik sangkalah kepada Allah dan tunggulah segala kebaikan dan keindahan dariNYA.

·     Terimalah pilihan Allah untuk anda dan gembiralah, sebab anda tidak tahu tentang kemaslahatan, bisa jadi suatu kesulitan itu lebih baik bagi anda daripada kemudahan.

·     ujian itu akan mendekatkan antara diri anda dengan Allah, akan mengajarkan kepada anda bagiamana berdoa itu, dan akan menghilangkan kesombongan, ujub dan rasa banga diri, dari diri anda.

·     anda membawa banyak kenikmatan dalam diri anda dan membawa pundi-pundi kebaikan yang Allah anugerahkan kepada diri anda.

·     berbuat baiklah kepada manusia dan berilah bantuan kebaikan kepada sesama agar anda mendapatkan kebahagian dari menjenguk orang sakit, dan dari memberi sesuatu kepada orang yang membutuhkannya ( fakir ) dan dari mengasih sayangi anak yatim.

·     Jauhilah rasa buruk sangka , buanglah jauh-jauh angan-angan , khayalan-khayalan yang merusak, dan pikiran-pikiran yang sakit ( kotor dan kerdil ).

·     Ketahuilah bahwsanya anda bukan satu-satunya orang yang mendapat ujian, Tidak seorangpun yang lepas dari kesedihan, dan tidak seorangpun yang lepas dari kesulitan.

.     yakinlah bahwa dunia ini hanyalah tempat  ujian dan cobaan, tantangan, dan kesedihan karena itu terimalah  ia apa adanya dan mintalah pertolongan kepada Allah.

.     Berfikirlah &  ambil pelajaran dari orang-orang yang telah terdahulu ( siroh orang-orang shaleh) , yang pernah dikucilkan, yang pernah dipenjarakan, yang pernah dibunuh yang pernah di uji dan yang pernah dibuang dan di usir dari dari negrinya

·     semua apa yang menimpa anda pahalanya disisi Allah, baik itu kesedihan, keresahan, kelaparan, kefakiran,rasa sakit, hutang , dan musibah-musibah yang lainnya ( selama anda selalu sabar & tawakal kepadaNya)

·      Ketahuilah bahwasanya kesulitan itu akan membuka pendengaran dan penglihatan, menghidupkan hati mendewasakan jiwa, mengingtakan hamba dan menambah pahala.

·     jangan suka menerka-nerka peristiwa, jangan menunggu keburukan, dan jangan mudah percaya terhadap semua kabar-kabar yang tidak jelas, dan jangan mudah menelan mentah-mentah cerita-cerita  yang tidak benar

·     kebanyakan apa yang ditakuti orang itu sebenarnya tidak terjadi , dan kebanyakan  berita-berita yang menakutkan itu tidak terjadi, dan cukuplah Allah saja sebagia penjaga, dan disisis Allahlah semua pergawasan dan pertolongan.

·     jangan banyak bergaul dengan orang-orang pendendam, dan jangan pula dengan orang-orang penganguran serta pendengki , sebab mereka adalah penyakit jiwa pembawa kesedihan dan keresahan.

·     jauihilah perbuatan dosa, sebab dia adalah sumber keresahan dan kesedihan, dan pintu  musibah serta tekanan jiwa.

·     bacalah selalu ( doa ) :” laa ilaahaa illa anta subhaanaka innii kuntu minad dhoolimin ”  sebab dia adalah doa yang memiliki rahasia yang sangat ajaib, untuk menghilangkan kesedihan dan kesulitan, dan merupakan berita besar untuk menghilangkan cobaan.

·     jangan mudah terpengaruh dengan perkataan jelek dan ungkapan keji yang dikatakan tentang diri anda, karena itu akan menyakiti orang yang mengatakannya dan bukan diri anda sendiri.

·     cercaan musuh dan umpatan orang-orang yang dengki kepada diri anda setara dengan nilai harga diri anda, sebab itu anda menjadi bahan omongan dan menjadi terkenal & orang penting

·     ketahuilah bahwa orang yang menghibah, anda berarti memberikan hadiah  kebaikan-kebaikan kepada anda, menghapuskan kesalahan-kesalahan anda, dan menjadikan diri anda orang yang terkenal, dan ini merupakan nikmat Allah.

·     jangan terlalu ketat ( keras ) menekan diri anda sendiri untuk melakukan ibadah, konsistenlah dengan as sunnah dan cukuplah dengan ketho’atan, dan tempuhlan jalan pertengahan dan janganlah engkau ghulu’ ( berlebih-lebihan ).

·     ikhlashkan tauhid anda kepada Allah Tuhanmu agar hati terbuka dan lapang, sejernih apa tauhid anda dan setulus serta sebersih  apa keikhlasan anda (dalam bertauhid )  maka sejernih dan sebersih itupulalah kebahagaian anda.

·     jadilah sosok pemberani yang berhati teguh dan berjiwa kuat, anda memiliki semangat dan tekat , jangan sekali-kali anda termakan oleh rumor / isu-isu  dan cerita-cerita yang tidak benar.

·     jadilah orang yang dermawan sebab orang yang dermawan hatinya akan selalu lapang dan jiwanya luas , sedangkan orang yang pelit sempit dadanya dan  hatinya pengap serta  nuraninya kotor.

·     tersenyumlah kepada siapa saja , niscaya anda akan mendapatkan cinta kasih mereka, haluskan tutur kata anda niscaya mereka akan mencintaimu dan rendahkanlah kati kepada mereka niscaya mereka akan menghormati anda.

·     balaslah perbuatan baik itu dengan yang lebih baik, berbuat baiklah kepada sesama, dan padamkanlah api permusuhan, berdamailah dengan musuh, dan perbanyaklah teman.

·     pintu kebahagian terbesar adalah doa kedua orang tua, berusahalah mendapatkan doa itu  dengan berbakti kepada mereka berdua, agar doa mereka menjadi benteng yang kuat yang menjagamu dari semua hal yang tidak anda sukai.

·     hadapilah manusia itu dengan apa adanya dan maafkanlah apa yang mereka lakukan , ketahuilah bahwa ini merupakan sunnah Allah pada manusia dan kehidupan itu sendiri.

·     jangan hidup dalam idealisme-idealisme, tapi hiduplah dengan realita, sebab dengan hidup dalam idealisme, sama saja dengan anda menginginkan dari  orang lain apa yang tidak dapat anda lakukan, karena itu jadilah orang yang obyektif ( dalam meghadpi kenyataan ).

·     hiduplah sederhana dan jauhi semua bentuk foya-foya dan pemborosan sebab setiap kali badan diajak foya-foya maka jiwa akan semakin terhimpit.

·     lakukanlah dzikir-dzikir tertentu ( seperti doa pagi & petang dsb ) , sebab dia akan menjadi penjaga dan pelindung anda, dan didalamnya ada kebenaran dan petunjuk yang akan membuat waktu-waktu anda menjadi lebih bermakna.

·     Rencanakan pekerjaan-pekerjaan itu dengan matang dan jangan menggabungkannya menjadi satu waktu ( dengan menunda-nundanya ) akan tetapi kerjakanlah pekerjaan anda dalam rentang waktu yang cukup dan luangkanlah beberapa waktu diantaranya untuk beristirhat agar optimal.

·     lihatlah orang yang lebih rendah dari anda dalam hal ( kesempurnaan ) tubuh dan bentuk rupa, harta, rumah , pekerjaan, dan keluarga, agar anda mengerti bahwa yang lebih rendah dari anda dalam hal-hal tersebut  masih ada ribuan jumlahnya.

·     Tanamkan keyakinan dalm diri anda bahwa siapa saja yang menjalin komukasi dengan anda tidak terlepas dari cela, baik itu saudara, anak, istri, kerabat, maupun teman, karenanya persiapkan diri anda untuk menerima itu semua.

·     maksimalkan dan tekuni  bakat yang dianugerahkan  kepada diri  anda, dan ilmu yang anda sukai , rizki yang dikarunaiakan kepada diri anda, dan pekerjaan yang cocok untuk anda.

·     hati-hatilah, jangan sekali-kali melukai perasaan seseorang dan kelompok, jadikan lisan itu lurus, bicaralah yang baik, tutur kata yang sejuk , dan isi pembicaraannya terjaga dari hal-hal yang buruk dan keji

·     ketahuilah bahwa kesabaran itu akan mengubur segala aib , ketabahan itu akan menjadi penutup bagi kekeliruan, dan kedermawanan itu adalah pakaian yang besar yang akan menutup semua kekurangan dan cacat.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 31, 2011 in Kata-kata Mutiara

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: