RSS

>Minim Pengetahuan

12 Feb

>

Termasuk persoalan para generasi muda adalah minimnya ilmu pengetahuan,
sertasedikitnya wawasan dan bacaan yang dikuasai.
Rasulullah saw. menganjurkan embekali diri dengan ilmu yang bermanfaat.
Allah SWT telah berfirman kepada beliau :“Dan katakanlah, ‘Ya Rabbku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan’.” (Thaha:114).
Ilmu pengetahuan ini hanya bisa bertambah dengan banyak membaca, belajar, sering berkonsultasi dan bertanya kepada para ulama.
Abdullah bin Abbas pernah ditanya, “Bagaimana cara Anda memperoleh ilmu ini?” Dia menjawab, “Dengan akal senantiasa berpikir dan lisan yang selalu bertanya.
”Seorang penyair mengatakan:“Bertanyalah kepada ahli Fikih, niscaya kamu akan menjadi seorang ahli fikih seperti dia. Barangsiapa yang sungguh-sungguh dalam mempelajari suatu ilmu, maka dia akan mahir dalam bidang tersebut”

Maka sepantasnyalah kita serig-sering bertanya.Bahkan merengeklah untuk senantiasa bertanya.
Semua pertanyaan itu dibenci, kecuali dalam dua perkara ini:Bertanya (meminta) kepada Allah Yang Maha Esa lagi Maha Tunggal, karena Allah akan senantiasa ridla setiap kita meminta kepada-Nya. Allah SWT berfirman : “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah ia memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu ada dalam kebenaran”. (Al-Baqarah:186)

Bertanya kepada para ulama. Mereka akan gembira apabila ditanya. Pengetahuan diri kita akan bertambah dan pemahaman kita juga akan meningkat, serta pemahaman kita juga akan semakin mendalam. 
“Generasi muda yang diinginkan Allah SWT, untuk mengeban kalimat “Laa Ilaaha Illallaah”. Mereka hidup karena dan untuk “Laa Ilaaha Illallaah”. Mereka mati juga karena “Laa Ilaha Illallaah”.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 12, 2011 in Amar ma'ruf, Da'wah

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: